Vaksin Comirnaty dari Pfizer-BioNTech

Vaksin bisa disebarkan untuk usia lanjut dan usia produktif. Perlahan juga untuk usia-usia yang lebih muda. Bagaimana untuk anak-anak SD?

Berita baiknya adalah vaksin juga menunjukkan hasil yang baik untuk anak-anak SD. Setidaknya hal ini berlaku untuk vaksin mRNA terbaru Pfizer-BioNTech bernama Comirnaty.

Sebelumnya Comirnaty diizinkan oleh FDA di Amerika Serikat untuk digunakan pada penduduk berusia 16 tahun ke atas. Bahkan sudah ada izin darurat untuk menggunakan vaksin itu untuk usia 12 hingga 15 tahun.

Maka ada rentang usia yang masih cukup banyak yang belum diwakili yaitu usia di bawahnya. Maka Pfizer-BioNTech melakukan uji klinis untuk melihat efektivitasnya. Phase 2/3 pada uji klinis ini melibatkan 2.268 partisipan berusia 5 hingga 11 tahun. Semuanya mendapatkan dua dosis vaksin Comirnaty.

Dosisnya diturunkan menjadi 10 mikrogram dibanding 30 mikrogram yang disuntikkan pada individu berusia 12 tahun ke atas. Dosis ini dipilih sebagai dosis yang menyeimbangkan antara keamanan, tolerabilitas, dan imunogenisitas. Sedangkan jarak antara dua dosisnya adalah 21 hari.

Hasilnya adalah vaksin Comirnaty aman untuk anak-anak usia muda ini. Efek samping yang dirasakan disebut sama dengan individu berusia 16 hingga 25 tahun seperti pegal-pegal hingga gejala flu.

Pfizer-BioNTech kini tengah melakukan uji klinis pada dua grup usia di bawahnya yaitu usia 2-5 tahun dan 6 bulan hingga 2 tahun. Semuanya juga mendapatkan dosis yang lebih kecil yaitu 3 mikrogram. Semua partisipan belum pernah terkena atau memiliki jejak infeksi COVID-19. Hasilnya diperkirakan akan muncul pada kuartal keempat tahun 2021 nanti.

Sumber: Pfizer