Ilustrasi anak-anak dengan tema lebih gelap

Diet punya peran yang sangat penting untuk kesehatan menyeluruh, baik yang berusia lanjut, pengidap penyakit yang mengganggu metabolisme, bahkan juga untuk anak-anak.

Seperti yang diungkapkan oleh penelitian dari University of East Anglia, anak-anak yang memiliki pola makan lebih baik (banyak mengandung buah dan sayur) memiliki kesehatan mental yang lebih baik.

Penelitian yang baru dipublikasikan ini menjadi yang pertama mencari kaitan antara buah dan sayuran, pilihan sarapan dan makan siang, dengan kesehatan mental pada anak-anak sekolah di Inggris. Bahkan untuk anak-anak yang makan minimal lima porsi buah dan sayuran per hari memiliki nilai kesehatan mental yang paling tinggi.

Penelitian ini dipimpin oleh UEA Health and Social Care Partners yang bekerjama sama dengan Norfolk County Council.

Maka dari itu, para peneliti mendorong untuk informasi ini menjadi bagian dari strategi kesehatan publik serta kebijakan di sekolah sehingga kesehatan mental anak-anak bisa lebih optimal pada saat sebelum dan sesudah proses belajar-mengajar di sekolah.

Penelitian ini tampaknya masih berkaitan dengan penelitian terkini yang menekankan pada pentingnya menjaga makanan terutama untuk konsumsi gula. Pasalnya, konsumsi gula berlebihan dapat membuat seseorang mengalami kondisi resistensi insulin dan hal itu mendorong kemunculan depresi.

Tim peneliti mempelajari data dari hampir 9.000 anak di 50 sekolah yang tersebar di Norfolk (7.570 anak SMP dan 1.253 anak SD) yang diperoleh dari survei bernama Norfold Children and Young People’s Health and Wellbeing Survey pada tahun 2017 lalu.

Sumber: MedicalXpress