iPad mini 2021

Acara Apple resmi selesai dan ada sejumlah pengumuman menarik terutama untuk dua iPad termurahnya.

iPad terbaru

Yang pertama adalah iPad termurahnya dengan ukuran layar 10,2 inci. Perubahan yang paling penting ada di chipset A13 Bionic dengan klaim 20% lebih cepat untuk CPU dan GPU serta Neural Engine dibanding versi sebelumnya.

Selain itu, kamera depan dan belakangnya menggunakan sensor 12MP dengan sudut pandang mencapai 122 derajat. Dipadukan dengan fitur Center Stage yang menyesuaikan dengan jumlah orang yang terlihat oleh kamera, Apple klaim peningkatan ini penting terutama untuk situasi pandemi yang lebih banyak mengharuskan komunikasi secara virtual.

iPad terbaru ini juga akan hadir dengan iPadOS 15 yang hadir dengan sejumlah fitur yang mampu memaksimalkan layar besarnya seperti Widgets, Multitasking, hingga Quick Note. Sayangnya iPad terbaru ini masih mendukung Apple Pencil generasi pertama yang tidak bisa ditempelkan ke iPad secara magnetik dan harus dicas dengan colokan Lightning biasa.

Harganya dimulai dari US$329 untuk kapasitas 64GB atau sekitar Rp4,68 juta.

iPad mini terbaru

Setelah bertahun-tahun tidak mengalami perubahan, Apple akhirnya memperbarui iPad  mini yang hadir dengan desain baru. Bentuknya kini mengikuti iPad Pro dan iPad Air yang lebih rata di semua permukaan.

Layar Liquid Retina berukuran 8,3 inci hadir dengan fitur seperti layar iPad lainnya seperti Wide Color dan True Tone. Bingkai (bezel) juga semakin tipis sehingga Touch ID berpindah ke tombol power.

Sama seperti iPad di atas, iPad mini juga hadir dengan kamera depan dan belakang bersensor 12MP dan dukungan software Center Stage.

Chipset A15 Bionic yang digunakan membuatnya 40% lebih cepat untuk CPU, 80% lebih kuat untuk GPU, dan 2x lebih hebat untuk Neural Engine dibanding sebelumnya.

Perubahan menarik lainnya termasuk konektivitas USB-C, speaker ganda, hingga dukungan Apple Pencil generasi kedua yang bisa ditempelkan dan dicas secara magnetik. Harganya dimulai dari US$499 untuk kapasitas 64GB atau sekitar Rp7,1 juta.