Audi RS Q-Tron diuji di Gurun Sahara

Hanya sekitar tiga bulan lagi hingga Dakar Rally dimulai, Audi membawa RS Q E-Tron ke gurun di dekat Maroko untuk menguji ketahanannya.

Mobil hybrid yang dibuat khusus ini harus mampu bertahan di suhu ekstrim untuk ajang balapan tahunan terkenal itu. Tak hanya suhu melebihi 100 derajat Fahrenheit (38 derajat Celsius) kendaraan ini juga harus bisa bertahan di badai pasir.

Audi secara khusus memilih Sahara sebagai lokasi pengujian untuk mendapatkan kondisi paling ekstrim. Panas dan sejumlah faktor lainnya mendorong semua komponen RS Q E-Tron sampai batas ketahanannya. “Wawasan yang kami peroleh di Maroko tak ternilai, namun mereka juga menunjukkan bahwa masih banyak yang harus kami lakukan sebelum Dakar Rally dan tidak banyak waktu yang tersisa,” ungkap Andreas Roos sebagai manajer proyek factory racing Audi Sport.

Audi RS Q E-Tron sebenarnya merupakan mobil listrik. Mobil yang dipersiapkan untuk balap ini dirancang khusus menampung bahan bakar minyak untuk memperpanjang ketahanannya berkendara jauh. Bahan bakar minyak yang digunakan bukan untuk mendorong atau mentenagai mesin namun untuk dikonversikan ke listrik dan mengisi baterai.

Sumber: Audi