Cat paling putih di dunia dari Purdue University

Mungkin tidak banyak yang menyangka cat rumah bisa mendinginkan rumah tanpa AC.

Para peneliti dari Purdue University mengembangkan cat paling putih di dunia yang memantulkan 98.1 persen radiasi matahari sambil mengeluarkan panas inframerah. Baru-baru ini mereka tercatat di Guinness World Record.

Permukaan yang diberi cat paling putih di dunia ini menjadi sangat dingin. Bahkan dalam beberapa kasus lebih baik daripada AC. Sebagai contoh, kemampuan mendinginkannya setara 10kW untuk atap seluas 1.000 kaki persegi atau sekitar 92 meter persegi.

Para peneliti menggunakan barium sulfat dalam kadar yang tinggi. Bahan ini banyak ditemukan di produk kosmetik dan kertas foto, dalam ukuran partikel yang beragam. Ragam ukuran ini membantu menyebarkan spektrum cahaya sehingga memantulkan lebih banyak cahaya matahari.

Hingga kini memang sudah ada cat dengan fitur yang mirip. Hanya saja, kemampuan memantulkan cahayanya tidak lebih dari 90 persen dan tidak mendinginkan permukaan.

Belum diketahui kapan cat ini akan hadir menjadi produk yang siap dibeli di pasar. Yang pasti, para peneliti sudah mematenkan cat ini dan sedang bekerja sama dengan perusahaan besar untuk memproduksi massal. Apabila kemampuan cat ini sesuai dengan yang dikatakan para peneliti dan berhasil diadopsi banyak rumah, maka banyak rumah bisa dikurangi penggunaan AC pada siang hari dan mengurangi dampak perubahan iklim.

Sumber: USA Today