Sudut pandang Perseverance di Mars

Robot Perseverance milik NASA sudah mengumpulkan sampel batu pertama di Mars dan tampaknya ada penemuan baru yang menarik.

Analisis awal Nasa menunjukkan bahwa planet ini (setidaknya untuk Kawah Jezero) pernah memiliki air untuk “waktu yang lama.” Mungkin sekitar puluhan ribu hingga jutaan tahun.

Hal ini menandakan bawah permukaan Mars memiliki kondisi yang sangat stabil untuk bisa menahan air. Bisa dikatakan bahwa mungkin saja organisme mikroskopik sempat hidup di dalamnya.

Ada juga jejak garam yang terbentuk di area yang dulunya dianggap sebagai aliran air. Kemungkinan garam ini tidak hanya menyimpan air pada masa itu, namun juga jejak kehidupan dulu.

Semua penemuan ini didapatkan dari satu sampel batu saja. Sedangkan robot Perseverance akan mengambil sampel di area lainnya. Mungkin masih butuh waktu berminggu-minggu, mengingat semua yang terlibat misi Mars ini harus melindungi diri pada saat terjadi konjungsi matahari. Diperkirakan “masa istirahat” akan dimulai awal bulan Oktober nanti.

Sumber: NASA