Surface Pro 8

Microsoft baru saja menyelesaikan acara pentingnya hari ini dan mengumumkan sejumlah produk baru penting seperti Surface Pro 8. Tampaknya memang rumor terakhir terbukti benar.

Surface Pro 8 kini memiliki desain yang lebih modern yang terlihat dari pinggir layar (bezel) yang sangat tipis. Layar berukuran 13 inci ini menggunakan teknologi PixelSense yang merupakan peningkatan dibanding pendahulunya yang berukuran 12,3 inci. Selain itu, refresh rate layarnya juga mencapai 120Hz dan menjadi salah satu laptop pertama yang bukan untuk gaming dengan layar ini.

Peningkatan penting juga ada di dalamnya. Terlihat dari digunakannya prosesor Intel generasi ke-11 terbaru. Opsi spesifikasi tertingginya adalah Intel Core i7-1185G7, RAM 32GB, dan penyimpanan 1TB. Ada juga opsi untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan dengan menggunakan SSD kecil (m.2 2230) di bagian belakangnya.

Dan yang tak kalah penting adalah akhirnya laptop hybrid ini memiliki dua port Thunderbolt 4. Walau merupakan produk Surface yang pertama dibuat, perangkat-perangkat Surface lainnya seperti Surface Laptop juga mendapatkan port ini duluan.

Stylus untuk Surface Pro 8 juga mengalami peningkatan yang cukup penting. Dengan nama Slim Pen 2, kini ada motor haptic di dalamnya yang memberikan umpan balik (feedback) seperti menulis atau menggores pensil di atas kertas.

Kamera belakangnya ditingkatkan sensornya dari 8MP menjadi 10MP serta mendukung merekam video 4K. Sayangnya kamera depan tampaknya tidak diubah dan tetap menggunakan sensor 5MP untuk video 1080p.

Microsoft sebut daya tahan baterai Surface Pro 8 kini bisa mencapai 16 jam dibanding Surface Pro 7 yang hanya mencapai 10,5 jam. Tak hanya itu, laptop hybrid ini juga bisa diisi dayanya dari 0-80 persen dalam waktu kurang lebih satu jam.

Surface Pro 8 bisa mulai dipesan di Amerika Serikat dengan harga mulai dari US$1.100 atau sekitar Rp15,7 juta. Laptop hybrid ini dan semua produk Surface terbaru akan hadir di toko retail di negaranya mulai 5 Oktober mendatang bersamaan dengan peluncuran resmi Windows 11.