Surface Laptop Studio

Microsoft menyimpan produk baru di akhir acaranya yang merupakan perpaduan berbagai produk Surface seperti Surface Studio dan Surface Book.

Dengan nama Surface Laptop Studio, laptop ini dirancang untuk segmen yang kurang lebih sama dengan Surface Book yaitu kalangan profesional dengan kebutuhan kinerja laptop tinggi namun terlihat elegan.

Surface Laptop Studio ini terlihat seperti laptop biasa. Namun layarnya bisa diangkat dan dimajukan hingga menutupi keyboard. Mode ini mengingatkan pada Surface Studio yang bisa dimiringkan. Layarnya bisa dimajukan terus hingga menutup keyboard sehingga menjadi datar dengan permukaan keyboard seperti menggunakan tablet di meja.

Laptop profesional ini memiliki layar berukuran 14,4 inci dengan fungsi layar sentuh, refresh rate 120Hz, dan dukungan Dolby Vision HDR. Surface Slim Pen 2 ditempel dengan magnet pada bagian bawah depan laptop yang juga berfungsi untuk mengisi daya stylus itu.

Prosesor yang digunakan adalah Intel generasi ke-11 H35 dengan konsumsi daya hingga 35 watt. Sedangkan grafis laptop ini ditangani oleh Intel Iris Xe (untuk Core i5) atau NVIDIA RTX 3050 Ti dengan memori GDDR6 4GB (untuk Core i7). Untuk port, ada dua port Thunderbolt 4 serta Surface Connect.

Surface Laptop Studio ini bisa dipesan sekarang dengna harga dimulai dari US$1,600 atau sekitar Rp22,8 juta. Seperti produk terbaru Surface Pro 8 dan Surface lainnya, laptop ini akan dijual langsung tanpa pemesanan di berbagai toko fisik dan online di Amerika Serikat mulai 5 Oktober mendatang.