iPhone, Apple Watch, iPad, MacBook

Apple mulai meluncurkan iOS, iPadOS, dan watchOS terbaru untuk perangkat-perangkat yang masih didukung.

Lebih tepatnya iOS 15, iPadOS 15, dan watchOS 8. Mungkin tidak akan langsung muncul di perangkat Apple dan perlu dicek secara manual namun ada sejumlah fitur menarik bagi yang mengunduhnya.

FaceTime dan Messages diperbarui pada iPhone dan iPad. Setidaknya untuk perangkat-perangkat yang mendukung, FaceTime kini mendukung spatial audio dan mengurangi suara di sekitar. Selain itu, pengguna perangkat lain seperti Android atau Windows bisa juga ikut FaceTime melalui link yang diakses pada browser. Tentunya tidak semudah menggunakan FaceTime melalui aplikasi khusus tapi setidaknya perangkat lain bisa ikut menggunakan FaceTime.

Notifikasi juga diubah dan kini menjadi lebih rapi dan lebih banyak opsi yang bisa dikendalikan pengguna. Kini bisa lebih diatur notifikasi yang muncul serta ada mode Focus untuk mengatur aplikasi dan orang yang akan muncul di notifikasi. Tak hanya itu, mode Focus juga bisa mengatur susunan aplikasi pada tampilan utama sesuai dengan profil Focus yang dipilih.

Mirip dengan Google Lens, ada juga fitur Live Text yang bisa mendeteksi tulisan dan mengambilnya untuk meredaksi (edit), diterjemahkan, dan dibagikan tulisan tadi. Tak hanya itu, fitur ini juga bisa mendeteksi berbagai obbyek seperti lukisan, monumen atau gedung penting, tanaman, dan binatang peliharaan.

Namun ada juga fitur yang belum hadir walau sudah diumumkan sebelumnya. Fitur SharePlay adalah fitur untuk membagikan film, acara TV, atau musik pada teman atau keluarga melalui FaceTime sehingga bisa dinikmati bersama.

Sedangkan watchOS tidak memiliki pembaruan sebanyak iOS dan iPadOS. Fokusnya lebih pada ketenangan pikiran dan kesehatan seperti kategori olahraga yang baru. Tentunya kini integrasinya dengan iPhone menjadi lebih baik terutama untuk fitur mode Focus dan aplikasi Contacts.

Perlu dicatat bahwa pembaruan-pembaruan ini hanya untuk perangkat-perangkat yang didukung. Untuk iOS 15, yang bisa mengunduhnya adalah iPhone 6s dan seterusnya serta iPod Touch generasi tujuh. Pengguna iPad generasi lima dan seterusnya, iPad Mini 4 dan seterusnya, iPad Air 2 dan seterusnya, serta semua iPad Pro bisa mengunduh iPadOS 15. Sedangkan watchOS mendukung Apple Watch Series 3 dan seterusnya.