Vaksin Comirnaty dari Pfizer-BioNTech

Akses vaksin COVID-19 awalnya dibuat untuk kelompok usia lanjut dan perlahan untuk usia-usia di bawahnya. Sebentar lagi anak-anak juga bisa.

Setidaknya untuk di Amerika Serikat, dimana semakin dekat penggunaan vaksin untuk anak-anak di bawah 11 tahun. Sekelompok panel independen penasihat telah memberikan rekomendasi ke FDA (Food and Drug Administration) untuk penggunaan vaksin COVID-19 dari Pfizer untuk kelompok usia lima hingga 11 tahun. Langkah ini dianggap penting di negara itu untuk semakin mencakup mayoritas penduduk AS.

Pfizer memberikan data awal dari vaksin COVID-19 untuk anak-anak berusia lima hingga 11 tahun ke FDA pada akhir September lalu untuk dianalisis lebih lanjut. Pihak perusahaan mengungkapkan bahwa kunci pengujian ini melibatkan 2.268 anak dalam kategori kelompok usia tadi. Disebutkan juga hasilnya adalah anak-anak tadi memiliki “respon antibodi penetralisasi yang kuat” bersamaan dengan “profil keamanan yang diinginkan.”

Baru-baru ini dilakukan pertemuan yang memakan waktu satu hari penuh oleh Vaccines and Related Products Advisory Committe dari FDA untuk mendiskusikan rekomendasi vaksin COVID-19 untuk anak-anak. Dimulai dari jam 8:30 dan berakhir sebelum jam 5 sore waktu setempat, kesimpulan yang ditarik adalah vaksin ini direkomendasikan setidaknya untuk kelompok usia yang diajukan.

Pencapaian ini bukan berarti vaksin ini siap untuk langsung digunakan untuk anak-anak. Komite tadi hanya memberikan rekomendasi dan pihak FDA yang nantinya memberikan keputusan akhir. Sebelum itu, pihak CDC (Center for Disease Control and Prevention) akan turun tangan untuk menentukan apakah protokol vaksinasinya layak.

Vaksinasi untuk kelompok usia yang satu ini terbilang cukup penting untuk negara manapun. Anak-anak masih dalam tahap yang membutuhkan banyak pembelajaran dan interaksi yang lebih fisik dibanding orang dewasa. Hal ini membuat mereka lebih rentan untuk membawa dan menyebarkan penyakit terutama untuk orang-orang terdekatnya dalam keluarga.

Sumber: Pfizer