Android 12L

Google baru-baru ini mengumumkan versi Android terbaru dengan nama Android 12L yang dibuat khusus untuk perangkat dengan layar lebar.

Namun tampaknya tak hanya untuk perangkat berlayar besar seperti tablet dari Nokia. Dengan bermunculan sejumlah perangkat dengan layar lipat seperti dari Samsung, Google juga menyasar layar yang bisa “bertransformasi” dari layar sekecil smartphone menjadi sebesar tablet.

Pengumuman kali ini terbilang unik dibanding versi-versi Android terdahulu. Google tidak memiliki contoh perangkat atau software Android yang bisa memberikan gambaran kepada developer untuk dikembangkan lebih lanjut. Hingga kini belum ada perangkat berlayar besar dengan Android 12 yang bisa menjadi sasaran Google.

Maka dari itu, Google akan meluncurkan Developer Preview dari sistem operasi ini sebagai emulator dengan Android Studio kepada para developer. Para developer akan menjalankan sistem operasi sebagai perangkat virtual pada komputer mereka dengan software Device Manager dari Google.

Yang menarik adalah para developer nantinya harus memilih Pixel C pada kategori Tablet untuk menguji perangkat pengujian virtual baru. Google juga menyarankan para developer untuk memilih “layar 7,6 inci berlipat ke dalam dengan layar luar” pada kategori smartphone. Bisa jadi hal ini menandakan potensi perangkat lipat pertama dari Google. Hanya saja semuanya spekulasi karena belum ada informasi atau rumor mengenai perangkat itu.

Fitur yang ada pada Android 12L termasuk susunan (layout) dua kolom untuk Quick Settings dan notifikasi, optimisasi dari screen grid untuk perangkat lipat, dan transisi halus dan “jadi” ketika membuka dan melipat perangkat.

Kita tunggu saja informasi-informasi selanjutnya yang bisa memberikan gambaran lebih jelas mengenai perangkat terbaru dari Google yang bisa memaksimalkan Android 12L.

Sumber: Android Developers