Desain MacBook Pro 2021 terbaru

Apple merampungkan acara “Unleashed” mereka yang diadakan siang hari waktu setempat atau tengah malam waktu Indonesia. Salah satu sorotan utamanya adalah MacBook Pro.

Berbeda dari MacBook Air dan Pro sebelumnya yang hanya diberi peningkatan internal, MacBook Pro terbaru memiliki peningkatan dan perubahan luar dalam. Banyak perubahan menarik dan ditunggu-tunggu, namun tidak semuanya bisa disambut dengan baik oleh semua pihak.

MacBook Pro terbaru hadir dalam dua varian yang terlihat dari ukuran layarnya yaitu 14,2 dengan resolusi 3.024 x 1.964 dan 16,2 inci yang dengan resolusi 3.456 x 2.234 namun dalam ukuran yang kurang lebih sama. Hal ini membuat layarnya menjadi lebih besar dengan pinggir alias bezel yang lebih tipis, walau dengan notch yang terlihat sangat jelas dan menjadi produk berbasis sistem operasi Mac pertama dengan desain yang diadopsi oleh iPhone sejak beberapa tahun lalu.

Setidaknya layarnya mendukung refresh rate hingga 120Hz pada fitur yang disebut ProMotion dan juga teknologi layarnya kini menggunakan Mini LED seperti pada iPad Pro 12,9 inci terbaru.

Sesuai dengan rumor chip terbaru di MacBook Pro, Apple menghadirkan M1 Pro dan M1 Max yang memberikan sejumlah keunggulan penting dibanding chipset M1 pertamanya. Kedua chip ini memiliki 10 inti prosesor dengan proses fabrikasi 5nm di mana delapan inti berperforma tinggi dan dua inti berefisiensi tinggi. Yang terlihat berbeda adalah pada sisi grafis, M1 Pro memiliki 16 inti grafis sedangkan M1 Max memiliki 32 inti grafis. Secara berurutan, bandwith memorinya adalah 200GB/s dan 400GB/s. Menariknya, M1 Max mendukung memori hingga 32GB.

Dari sisi port, tampaknya banyak yang sepakat bahwa hal ini sangat diperlukan. Apple menghadirkan kembali port yang telah lama dihilangkan seperti MagSafe, HDMI, dan slot kartu SD. Tentunya tidak ada USB A, MacBook Pro terbaru ini memiliki tiga port USB C yang juga mendukung Thunderbolt. MagSafe ini juga mendukung pengisian daya cepat, dengan kecepatan 50% kapasitas baterai terisi dalam waktu setengah jam saja. Dandaya tahan baterainya mencapai 17 jam untuk MacBook Pro 14 inci dan 21 jam untuk MacBook Pro 16 inci.

Perubahan menarik lainnya ada pada kamera depan dan speaker. Kamera depannya mendukung perekaman video dengan resolusi 1080p dan empat lensa elemen dengan bukaan f/2.0 yang membuatnya terlihat sangat jernih walau dalam keadaan yang kurang terang. Kedua MacBook Pro memiliki total enam speaker di mana dua di antaranya tweeter dan empat adalah bass.

Harganya dimulai dari US$1.999 untuk MacBook Pro 14 inci dengan chip M1 Pro yang memiliki delapan inti prosesor, 14 inti grafis, RAM 16GB, dan penyimpanan 512GB. Sedangkan MacBook pro 16 inci dihargai mulai dari US$2.499 dengan chip M1 Pro yang memiliki 10 inti prosesor, 16 inti grafis, RAM 16GB, dan penyimpanan 512GB. Apple sudah membuka pemesanan awal di berbagai negara dan akan hadir mulai 26 Oktober mendatang.

Bagaimana dengan Indonesia? Seperti biasa, kita harus sedikit bersabar.