Tampilan iPhone SE 2020

iPhone 13 mungkin dianggap mengalami peningkatan yang sedikit dibanding pendahulunya. Namun iPhone murah berikutnya mungkin lebih menarik.

iPhone murah yang dimaksud adalah iPhone SE yang kini sudah sampai generasi kedua. Dengan menggunakan hampir semua komponen pada iPhone terdahulu dan beberapa komponen terkini, iPhone SE dan iPhone SE 2 didukung oleh iOS paling baru dan akan mendapatkan dukungan software yang sama dengan iPhone lebih mahal yang dikeluarkan pada tahun yang sama.

Yang lebih menarik adalah Apple menemukan sebagian besar pelanggan dan calon pelanggan mereka tidak menjadikan ukuran layar dan smartphone sebagai faktor utama memilih smartphone lebih murah. Mereka hanya menginginkan smartphone dari Apple yang lebih murah dengan fitur memadai namun dengan dukungan software yang sangat lama dibanding smartphone lainnya di industri.

Rumor terkini mengatakan bahwa iPhone SE berikutnya untuk tahun 2022tidak akan mengalami perubahan dari segi ukuran layar dan fisik. Kemungkinan layarnya tetap berukuran 4,7 inci seperti pada iPhone SE 2. Yang membedakan adalah potensi penggunaan prosesor A15 dan dukungan koneksi internet 5G.

iPhone SE Plus disebutkan akan menjadi nama iPhone SE yang dirumorkan akan diluncurkan tahun depan. Belum ada kejelasan apa yang bisa membuat Apple nantinya akan menggunakan nama itu.

Sedangkan iPhone SE dengan layar yang lebih besar (5,7 hingga 6,1 inci) akan diundur hingga 2024. Kemungkinan smartphone ini akan seperti iPhone XR namun akan memiliki kamera depan di layar (punch hole) dibanding desain yang masih digunakan pada beberapa generasi iPhone terakhir.

Hingga kini belum ada rumor atau rencana Apple untuk menerapkan USB-C untuk iPhone mengingat Uni Eropa segera menetapkan kebijakan semua perangkat elektronik harus menggunakan USB-C.