Ilustrasi MacBook Pro

Bocoran demi bocoran terus mengalir bahkan sehari sebelum acara “Unleashed” dari Apple dimulai. Semakin terlihat seperti apa MacBook Pro terbaru nantinya.

Menariknya, disebutkan bahwa MacBook Pro 14 dan 16 inci terbaru nantinya tampaknya tidak akan menggunakan chip M2 yang menjadi kelanjutan dari M1 yang sangat terkenal di perangkat Mac hingga iPad Pro. Ditemukan nama-nama “M1 Pro” dan “M1 Max” dalam app log developer.

Belum diketahui pasti apakah nantinya nama ini yang akan digunakan namun tampaknya masih sejalan dengan rumor-rumor lainnya juga mengatakan bahwa Apple tidak akan menggunakan nama M1X seperti yang digunakan pada chip-chip mobile rancangan mereka pada perangkat-perangkat iOS terutama pada iPad Pro sebelum beralih menggunakan M1.

Rumor-rumor sebelumnya mengungkapkan adanya dua varian prosesor untuk kedua ukuran MacBook Pro. Dua prosesor ini akan memiliki 10 inti prosesor dimana delapan di antaranya berperforma tinggi (untuk pekerjaan-pekerjaan berat) dan dua di antaranya sangat efisien (untuk pekerjaan-pekerjaan ringan). Yang membedakannya adalah dari segi grafis. Versi “lemahnya” akan memiliki 16 inti GPU sedangkan yang lebih kuat akan memiliki 32 inti GPU.

Rumor lainnya menyebutkan penerus “sebenarnya” M1, yaitu M2, akan hadir awal 2022 bersama dengan MacBook Air terbaru.

Mungkin yang tidak kalah menarik adalah beberapa peningkatan fitur yang akan dihadirkan pada MacBook Pro terbaru. Layarnya akan beresolusi tinggi dengan teknologi mini LED. Disebutkan juga akan ada sejumlah konektor “lawas” yang akan dihadirkan kembali seperti MagSafe, HDMI, dan slot kartu SD. Mungkin juga akan ada pilihan RAM hingga 64GB dan dihilangkan Touch Bar.

Sumber: Bloomberg