Ilustrasi Sony Xperia PRO-I dengan kamera-kamera Sony lainnya.

Merek Sony mungkin tidak sebesar Samsung, Apple, Google, dan lainnya di dunia smartphone namun masih menjadi salah satu pemain besar.

Namun yang membedakan Sony dengan merek seperti Nokia dan HTC adalah mereka tidak hanya menyasar kelas bawah dan menengah. Perusahaan asal Jepang ini juga terus mengeluarkan produk smartphone untuk kalangan atas namun dengan fitur-fitur yang lebih spesifik untuk kalangan yang lebih terbatas seperti pada Xperia 1 yang kini sampai generasi ketiga.

Rumor kali ini mengarahkan pada smartphone terbaru Sony yang akan menggantikan Xperia PRO. Informasi pertama yang dilepas adalah smartphone ini kemungkinan akan menggunakan nama Xperia PRO-I, walaupun akan menjadi generasi kedua. Tampaknya keberadaan sensor kamera EXMOR yang berukuran 1 inci dengan lensa 24mm dan bukaan (aperture) f/2.0 dan f/4.0 akan menjadi daya tarik dan sorotan utama dari smartphone ini.

Tak hanya itu, disebutkan juga bahwa akan ada aksesoris tambahan yang mendukung smartphone ini yaitu sebuah tongkat selfie. Tongkat selfie ini memiliki beberapa fitur seperti tombol kendali untuk menggerakkan kamera, merekam, dan mengambil foto. Aksesoris ini tidak terlihat asing terutama untuk penggemar kamera atau pemilik kamera Sony ZV1 atau ZV-E10. Ada juga monitor tambahan kecil untuk melihat seperti apa tampilan video dan framing yang diperlukan terutama saat melakukan selfie atau vlogging dengan menggunakan kamera belakang Xperia Pro-I.

Kemunculan Xperia PRO ini sebenarnya cukup mengagetkan dan membingungkan karena menyasar segmen yang sangat premium dengan harga US$2.499,99 (sekitar Rp35,4 juta) namun tanpa desain yang sangat unik seperti smartphone lipat dari Samsung.

Xperia PRO ini memang mengusung hardware yang terunggul terutama pada layarnya yang sangat akurat dibanding smartphone manapun yang pernah diproduksi. Bahkan fitur ini dimasukkan ke dalam bahan pemasaran (marketing) yang membuatnya cocok untuk menjadi layar eksternal pada kamera yang lebih profesional seperti Sony A7 IV yang baru-baru ini diluncurkan.

Tidak pernah diketahui secara umum bagaimana performa penjualan smartphone ini di pasar mengingat harganya yang sangat tinggi dan pemasarannya yang sangat spesifik. Namun tampaknya Sony yakin dan tengah mempersiapkan penerusnya. Kita tunggu saja kebenaran informasi ini

Sumber: Sony Alpha Rumors