Pengumuman AMD Epyc terbaru.

AMD akhirnya mengungkap prosesor-prosesor pertamanya yang berbasis arsitektur Zen 4. Namun bukan yang diharapkan oleh publik.

Pasalnya, pengumuman kali ini lebih fokus ke kalangan bisnis dan khususnya untuk pusat data (data center). Ada dua jenis prosesor yang diperkenalkan yaitu Genoa dan Bergamo yang sama-sama merupakan bagian dari “keluarga” chip Epyc dari AMD.

Genoa adalah prosesor untuk tujuan yang lebih umum dengan jumlah inti prosesor mencapai 96. Hal ini bisa dilakukan berkat proses fabrikasi chip 5nm. Selain itu, prosesor ini mendukung memori DDR5 dan PCIe 5.0 untuk peralatan yang mendukungnya. Chip ini disebut akan muncul pada tahun 2022 nanti dan para mitra AMD sudah mendapatkan sampelnya.

Sedangkan Bergamo tampaknya menjadi andalan AMD. Chip prosesor ini dipersiapkan untuk komputasi awan (cloud computing) dengan kepadatan jumlah inti prosesor mencapai 128 dalam satu CPU. Rancangan chip ini mengandalkan arsitektur Zen 4c (C untuk Cloud) yang dimodifikasi sehingga memiliki fungsi yang mirip namun mengoptimalkan cache dan konsumsi energi. Hal ini membuatnya mampu menggunakan lebih banyak inti prosesor serta menggunakan lebih banyak thread processing. Chip yang satu ini baru akan terlihat pada pertengahan 2023 nanti dan tentunya akan menarik untuk perusahaan-perusahaan besar yang menawarkan jasa komputasi awan dan sejenisnya.

Bagi yang mengharapkan prosesor Ryzen berbasis Zen 4, tampaknya harus menerima dengan lapang dada. AMD tampaknya hanya fokus untuk korporasi, setidaknya untuk ajang kali ini. Bukan berarti tidak akan ada pengumuman Ryzen berbasis Zen 4 namun kita tunggu saja informasi berikutnya dalam waktu dekat.

Sumber: Engadget