Nayib Bukele mempresentasikan rencana kota Bitcoin

Uang kripto seperti Bitcoin semakin banyak diadopsi di dunia dan tampaknya akan mendapat salah satu dukungan terbesar dari pemerintah.

Presiden El Salvador bernama Nayib Bukele mengungkap rencana untuk membuat kota yang berbasis Bitcoin. Kota ini nantinya akan terletak di dekat Teluk Fonseca, di antara La UniĆ³n dan Conchagua.

Nantinya kota ini akan ditenagai oleh pembangkit listrik tenaga panas bumi (geotermal) untuk mendukung penambangan kripto. Menariknya nanti kota ini hanya akan mengenakan pajak pertambahan nilai (PPN) saja dan tidak akan akan pajak lainnya seperti pajak bumi bangunan hingga penghasilan.

Rencananya kota ini akan dibuat bentuknya menyerupai koin.

Hingga kini belum diungkapkan jadwal pasti kapan kota ini akan terbentuk. Namun di saat bersamaan Bukele mengungkapkan “obligasi Bitcoin” senilai US$1 miliar (sekitar Rp14,2 triliun) di mana setengahnya akan digunakan untuk membangun infrastruktur energi dan penambangan dan sisanya untuk membeli mata uang digital yang lebih banyak. Kepala strategi untuk pengembangan obligasi Blockstream bernama Samson Mow mengatakan El Salvador bisa menjual saham kripto setelah lima tahun dan membayar dividen ekstra kepada pemegang obligasi. Dengan hasil awal sekitar 6,5 persen, hal ini bisa merepresentasikan rezeki berlimpah untuk negaranya bila semuanya berjalan lancar.

Tentunya gerakan ini menjadi taruhan besar untuk negara dengan produksi domestik bruto sekitar US$24,6 miliar (sekitar Rp350,4 triliun) di tahun 2020 lalu. Tampaknya administrasi Bukele mengandalkan Bitcoin untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, kemandirian, dan investasi dengan asumsi format keuangan ini tetap mengarah ke atas dalam jangka panjangnya.

Belum pasti apakah nantinya pada calon penduduk dan investor akan menetap di kota Bitcoin ini nantinya dengan sejumlah keuntungan pajak tadi. Yang pasti ini adalah wilayah yang sangat baru untuk uang kripto sedangkan negara lain sekedar mendukung jual beli menggunakan uang kripto dan tidak menjadikannya basis utama kota atau negara.

Sumber: Coindesk