Tesla Model Y di China

Peningkatan yang cukup mengagetkan dan menyenangkan untuk yang memilih paket tertentu di negeri itu.

Para pembeli mobil listrik Tesla khususnya Model Y akan mendapatkan prosesor AMD untuk sistem infotainment kendaraan itu. Sebelumnya Tesla hanya menggunakan prosesor Intel untuk semua varian Model Y.

Namun tidak semua varian akan mendapatkan AMD Ryzen sebagai prosesornya. Hanya pembeli varian Performance yang akan mendapatkannya.

Belum jelas apakah APU AMD yang digunakan ini sama dengan yang digunakan pada Model S dan X terbaru. Belum diketahui secara pasti apakah penggunaan prosesor AMD ini terbatas untuk China atau akan diterapkan di pasar lainnya juga. Hingga kini, tampaknya Tesla telah membubarkan tim humasnya dan tidak merespon terhadap komentar-komentar dalam beberapa tahun terakhir.

Mungkin saja ada beberapa faktor yang membuat Tesla mengambil langkah ini. Salah satunya adalah keterbatasan produksi chip yang membuatnya menggunakan chip yang lebih tersedia untuk memenuhi permintaan pasar. Namun bisa jadi hal ini dilakukan untuk menekan biaya karena mengandalkan lebih dari satu pemasok juga bisa memudahkan Tesla untuk menegosiasikan harganya. Ada juga kemungkinan Tesla akan beralih menggunakan AMD untuk semua kendaraannya.

Kita tunggu saja informasi dan laporan berikutnya mengenai Tesla. Semoga saja kondisi global chip yang masih terbatas tidak membuat Tesla mengirim sejumlah kendaraan listriknya tanpa port USB.

Sumber: Electrek