Ilustrasi logo YouTube dengan simbol dislike

Eksperimen YouTube untuk menyembunyikan jumlah dislike (tidak suka) tampaknya berhasil dan segera diterapkan pada update terbaru.

Perlu diperhatikan bahwa data dislike tidak akan hilang dan tetap mempengaruhi algoritma dari YouTube untuk mendorong video dengan jumlah like yang lebih banyak. Para pembuat konten tetap bisa melihat jumlah dislike namun tidak akan terlihat pada penonton lainnya.

Perusahaan di bawah Google ini sadar bahwa banyak orang yang mengandalkan jumlah ini untuk keputusan mereka terutama konten yang akan dibuat. Namun pembuat konten baru dan masih “kecil” terkadang menjadi sasaran kampanye dislike seperti yang diungkapkan oleh YouTube. Pada pengujian yang mereka lakukan, fitur baru ini mengurangi pelecehan yang dialami para pembuat konten.

Setidaknya keputusan YouTube ini akan membuat platform mereka lebih “terbuka dan dihormati’ untuk para pembuat video dan mereka lebih besar kemungkinan untuk lebih sukses serta merasa lebih aman.

Tentunya hal ini tidak menjamin akan memberikan manfaat pada semua penggunanya atau bisa jadi para pelaku pelecehan akan mencari alternatif lainnya. Bukan berarti YouTube hanya memikirkan para penggunanya terkait keputusan ini karena YouTube sendiri mengalaminya atau lebih tepatnya tim yang membuat Rewind 2018.

Yang pasti, menyembunyikan jumlah dislike diharapkan akan mengurangi jumlah dislike yang berlebihan terutama dari kelompok-kelompok tertentu yang ingin menekan pembuat video karena tidak sama pandangannya.

Sumber: YouTube