Salah satu gedung Amazon

Situs pemeringkat situs lainnya ini telah hadir selama 25 tahun dan tampaknya akan berhenti beroperasi.

Alexa menjadi terkenal pertama kali pada tahun 1996. Namanya menjadi situs pemeringkat semua situs dunia sebelum beralih menjadi asisten digital Amazon yang kini sangat terkenal. Situs ini menganalisis lalu lintas (traffic) web dan listing dari banyak situs populer di seluruh dunia.

Selain itu, situs ini juda menyediakan layanan berbayar bagi yang menginginkan analitik SEO dan wawasan lebih mendalam.

Kini Amazon mengumumkan akan menutup Alexa.com pada tanggal 1 Mei 2022 nanti. Tanggal ini bertepatan dengan satu bulan setelah situs ini merayakan ulang tahunnya yang ke-26.

Pada pengumumannya, pihak perusahaan mengatakan, “Dua puluh lima tahun lalu, kami membangun Alexa Internet. Setelah dua dekat membantu Anda mencari, menjangkau, dan mengonversikan audiens digital Anda, kami membuat keputusan sulit untuk menghentikan Alexa.com pada tanggal 1 Mei 2022. Terima kasih telah membuat kami menjadi sumber daya utama untuk penelitian konten, analisis kompetitif, penelitian kata kunci, dan lebih banyak lagi.”

Walau Amazon sendiri tidak menyebutkan alasan di balik penutupan layanan ini, lalu lintas Alexa Internet ini tampaknya mengalami penurunan selama satu dekade terakhir. Hal ini berdasarkan data dari Semrush. Tampaknya juga sudah cukup lama sejak ada yang mempertimbangkan peringkat Alexa sebagai salah satu indikator utama.

Layanan ini juga sudah menghentikan langganan berbayar. Namun para pelanggan terkini tetap bisa mengakses akun mereka hingga tanggal penutupan tadi yaitu 1 Mei 2022. Setelah itu, mereka akan kehilangan akses tapi setidaknya data dari layanan ini bisa diekspor bila diperlukan.

Sumber: Blessing Computer