Ilustrasi Teleskop James Webb yang siap diluncurkan

Tanggal baru untuk peluncuran Teleskop James Webb menjadi 25 Desember 2021 nanti.

Teleskop James Webb ini sudah siapa untuk peluncuran setelah 14 pengembangan dan pembangunan. NASA telah mempersiapkan semuanya untuk pertama kali mengoperasikan teleskop ini untuk tanggal 24 Desember. Namun cuaca yang buruk mendorong tanggal peluncurannya lagi.

NASA akan meluncurkan Teleskop James Webb dari Stasiun Luar Angkasa Eropa di French Guiana dengan menggunakan roket Arianespace Ariane 5. Peluncurannya antara jam 7:20 dan 7:52 pagi waktu setempat (Eastern Time) pada tanggal 25 Desember yang bertepatan dengan Hari Raya Natal.

Kali ini tampaknya rencana peluncuran paling dekat dengan kenyataan. Sebelumnya NASA menargetkan peluncuran pada bulan Oktober namun pandemi menjadi alasan penundaan pertama. NASA kemudian mengungkapkan bahwa teleskop ini belum akan siap hingga November atau Desember.

Kemudian NASA (bersama mitranya yaitu Badan Antariksa Eropa dan Kanada) menargetkan 18 Desember dan kembali menundanya menjadi tanggal 22 Desember. Tampaknya mereka membutuhkan waktu lebih untuk menginspeksi semuanya untuk mencegah terjadinya kerusakan pada saat pengujian. Penundaan terjadi lagi karena ada masalah komunikasi antara teleskop dan roket Ariane 5 sehingga tanggal peluncuran terbarunya adalah 24 Desember.

Nantinya Teleskop James Webb akan diluncurkan ke orbit dekat titik kedua Lagrange pada sistem Bumi-Matahari. Nantinya para peneliti di seluruh dunia bisa menggunakannya untuk melihat galaksi-galaksi termuda di alam semesta, melihat lubang hitam, dan layaknya planet ekstrasurya (exoplanet) untuk kehidupan.

Sumber: NASA