Ilustrasi smartphone BlackBerry 9900

Setelah bertahun-tahun tanpa pengembangan dan dukungan software, sudah waktunya sistem operasi BlackBerry berhenti beroperasi.

Pihak perusahaan resmi mengumumkan pada tanggal 4 Januari bahwa sistem operasi smartphone yang pernah merajai dunia ini akan hilang selama-lamanya. Mulai tanggal itu, semua perangkat yang menjalankan BlackBerry OS 7.1 dan sebelumnya, serta OS 10 akan kehilangan semua layanan pentingnya. Fitur yang hilang tampaknya juga sangat penting seperti menelepon, mengirim pesan, akses data, hingga akses darurat 911.

Kemungkinan juga fitur seperti Wi-Fi dan aplikasi yang ada di BlackBerry World dan Desktop manager juga akan terpengaruh.

Tentunya semua ini tidak menjadi kejutan besar bagi semua orang. BlackBerry sebelumnya telah menutup toko aplikasinya serta layanan pesan BBM pada tahun 2019 lalu. Maka setelah itu dipastikan semua perangkat BlackBerry tidak lagi menarik.

Melihat kembali sejarah smartphone, BlackBerry pernah menguasai dunia seperti Nokia. Hanya saja keduanya juga memiliki sikap yang sama terhadap kompetisi yaitu kurang cepat merespon seperti meluasnya pengadopsian iPhone dan terlambat untuk ikut ke dunia Android. Setidaknya masih ada QNX, sistem operasi BlackBerry untuk sistem infotainmen pada Toyota, Audi, Honda, dan sejumlah produsen otomotif terkenal lainnya.

Sumber: Liliputing