Ilustrasi game Hades dari Supergiant Games

Setelah beberapa bulan pengumuman sejumlah finalis, sebuah video game akhirnya memenangkan Hugo Award untuk pertama kalinya.

Hades adalah game yang memenangkan penghargaan itu dengan kategori Best Video Game. Karya dari Supergiant Games ini mengalahkan game terkenal lainnya termasuk Animal Crossing dan The Last of Us: Part II.

Game Hades ini hadir sejak September 2020 lalu, tak lama sebelum Hugo Awards mengumumkan rencana untuk kategori game di bulan November tahun yang sama

Hades mendapat penerimaan yang baik oleh banyak pihak. Hal ini karena permainan yang serba cepat dan kasar, elemen narasi yang bagus, dan mekanik permainan yang menyenangkan hingga layak untuk dimainkan ulang.

Sementara ini belum ada rencana untuk membuat kategori game menjadi permanen pada penghargaan ini. Namun Hugo Awards telah mengembangkan konten digital selama bertahun-tahun seperti podcast dan video streaming. Sehingga tidak mengejutkan bila game akan menempati kategori permanen mengingat banyak game bertema fantasi dan fiksi yang memiliki alur cerita yang kompleks.

Sumber: Gizmodo