Presiden Amerika Serikat Joe Biden di depan panel surya

Memang masih membutuhkan waktu lama dan banyak sekali rintangan untuk mencapai target ini.

Pihak gedung putih tengah mendorong energi terbarukan sebagai salah satu fokus dari administrasinya. Kini Presiden Biden resmi menerbitkan perintah yang mensyaratkan pemerintah untuk berhenti membeli kendaraan bermesin pembakaran mulai tahun 2035. Selain itu, ia juga mewajibkan semua gedung untuk menggunakan energi terbarukan dan sumber energi non karbon pada tahun 2050.

Pihak administrasi hanya akan membeli listrik tanpa karbon mulai tahun 2030 dan ingin memotong emisi gedung hingga setengah pada tahun 2032.

Biden melihat cara ini sebagai cara “memimpin dengan memberikan contoh” dan mendorong industri listrik menjadi “bebas polusi karbon” hingga 2035 dan tanpa emisi pada seluruh ekonomi pada tahun 2050. Pemerintahan menjadi pemberi kerja, pengguna energi, dan pemilik tanah terbesar di Amerika Serikat seperti yang disebutkan oleh Biden. Maka mengalihkan pada energi terbarukan seharusnya mempengaruhi perusahaan-perusahaan swasta.

Dalam banyak sudut pandang, target ini sebenarnya tidak terlalu istimewa. Waktunya sangat panjang dan sejumlah negara bagian akan menghentikan penjualan mobil berbahan bakar minyak pada tahun 2035. Tampaknya pihak gedung putih tidak ingin menyamaratakan semua negara bagian karena masing-masing memiliki tantangan yang berbeda-berbeda. Peralihan energi juga harus sangat hati-hati sehingga tidak menyebabkan krisis listrik karena kebanyakan energi terbarukan belum bisa diandalkan.

Kebijakan ini bisa saja berubah dan tidak mencapai target nantinya. Presiden berikutnya bisa saja menunda atau bahkan mengganti kebijakan sehingga usaha untuk perbaikan lingkungan menjadi sia-sia. Setidaknya banyak pihak harus mengapresiasi langkah ini karena tidak mudah untuk membuat perubahan besar berskala nasional dalam sekejap.

Sumber: White House