Robot Ameca menyambut dengan ekspresi ramah

Sudah banyak pencapaian menarik yang dilakukan oleh para pembuat robot. Beberapa sudah bisa memasak dengan laser hingga menjadi aparat COVID-19 di ruang publik.

Hampir semua robot yang dibuat memiliki fungsi yang jelas membedakannya dengan makhluk lainnya. Sedangkan Engineered Arts memiliki pandangan lain.

Perusahaan yang membuat seri robot Mesmer ini mengungkapkan kreasi terbarunya yang mungkin akan mengagetkan beberapa orang. Kreasi ini bernama Ameca yang tidak memiliki rambut atau kulit yang menyerupai manusia namun memiliki ekspresi yang sangat alami. Bahkan disebutkan bahwa ekspresinya seperti manusia sungguhan.

Pada video ini, Ameca terlihat sedang tidur dan perlahan menggerakkan badannya. Dimulai dari lengannya dan kemudian membuka mata dengan ekspresi seperti kebingungan saat bangun tidur. Gerakan tanganya juga terlihat sangat alami diimbangi dengan ekspresi yang terlihat sedikit kagum. Kemudian ia terlihat kaget saat melihat kamera dan kemudian mengakhiri video ini dengan senyuman dan gestur tangan yang seolah menunjukkan keramahannya.

Semua gerakan yang ditampilkan terlihat sangat alami dan bisa dikatakan seperti manusia, mungkin seperti manusia yang sedikit kaku. Semua gerakan sendi pada tubuh atasnya juga terlihat halus dan alami namun semua robot dari Engineered Arts belum bisa berjalan.

Pihak perusahaan mengatakan bahwa Ameca adalah “platform untuk mengembangkan AI” sehingga membuka peluang untuk pihak-pihak lainnya untuk mengembangkan algoritme pembelajaran untuk robot ini.

Ameca dikembangkan dengan motor yang kuat dan sunyi untuk menggerakkan badan dan kepalanya. Ia juga menggunakan sejumlah sensor seperti kamera, kedalaman (depth), LiDAR, dan mikrofon.

Belum disebutkan berapa harga robot ini baik untuk Ameca maupun Mesmer. Sebagai gambaran, robot Engineering Arts yang lebih sederhana yaitu RoboThespian disebutkan berharga $79.000 atau sekitar Rp1,14 miliar pada tahun 2018 lalu. Ameca akan dipamerkan pada CES 2022 nanti di Las Vegas. Mungkin juga robot Tesla juga akan dipamerkan pada acara itu.

Sumber: The Verge