Ilustrasi Concept Luna dari Dell

Tak hanya fungsional, konsep laptop ini mengedepankan kemudahan perbaikian serta ramah lingkungan.

Dell bekerja sama dengan Intel untuk membuat sebuah konsep laptop baru. Dengan nama Concept Luna, tujuannya adalah membuat komputer masa depan yang mudah untuk siapapun melakukan perbaikan, penggunaan kembali, dan pendaurulangan.

Dell mengatakan bila ide ini menjadi nyata dalam semua rancangan ke depan, jejak karbon komputer bisa berkurang hingga 50 persen.

Fitur pada Concept Luna

Kunci utama fitur Concept Luna ini adalah pada rancangan ulang komponen dan tata letak yang lebih efisien. Motherboard laptop ini sekitar 75 persen lebih kecil dengan luas hanya 5.580 milimeter persegi dan jumlah komponen 20 persen lebih sedikit juga. Semua komponen juga mengalami penyusunan ulang seperti motherboard tadi yang berada dekat dengan penutup bagian atas sehingga lebih mudah memindahkan panas ke area pendinginan yang lebih luas. Selain itu, letaknya juga terpisah dengan unit pengecasan baterai pada bagian dasar sehingga pendinginan pasif menjadi lebih baik juga. Maka hal ini memungkinkan laptop konsep Dell tanpa adanya kipas pendingin.

Efisiensi ini juga berdampak pada kebutuhan daya yang menjadi semakin rendah. Maka para perancangnya bisa menggunakan baterai lebih kecil dengan sel siklus dalam (deep-cycle cell) yang menawarkan “pengecasan panjang yang bisa bertahan selama bertahun-tahun penggunaan, meningkatkan perbaikan, dan penggunaan kembali melebihi usia produk pertama,” ungkap Dell.

Semakin hemat energi produk ini juga berdampak pada lebih sedikitnya material yang boros energi dalam produksinya. Tak hanya bahan, Dell juga mengurangi jumlah baut hingga 10% saja dengan “hanya empat yang perlu untuk mengakses komponen internal.” Selain mengurangi biaya material, waktu untuk memperbaiki produk ini juga berkurang hingga menjadi 1,5 jam saja.

Fitur lainnya mencakup berbagai komponen laptop yang mudah untuk melakukan perbaikan atau penggantian bila rusak seperti pada mekanisme keyboard.

Kapan perealisasian konsep?

Konsep ini memang masih membutuhkan waktu sangat lama sebelum menjadi kenyataan. Bahkan sudah ada laptop yang mengusung kemudahan untuk perbaikan atau penggantian komponen yaitu Framework yang terkenal pada kalangan dan komunitas pecinta teknologi perangkat seperti ini. Mungkin Dell juga perlu mempertimbangkan membuat produk modular seperti itu atau GPD Pocket terbaru.

Walau Dell sendiri bukanlah perusahaan komputer yang teratas untuk urusan layanan konsumen, perusahaan ini sering menempati posisi-posisi teratas untuk inisiatif ramah lingkungan. Tentunya hal ini terlihat dari Concept Luna dengan berbagai fitur-fitur menariknya. Hanya saja, jangan berharap semua fitur ini akan menjadi kenyataan karena Dell sendiri berencana untuk mengambil ide-ide terbaik dari konsep ini. Mereka juga akan “mengevaluasi bagian mana yang memiliki potensi terbesar untuk diskalakan pada semua portfolio produk.”

Semoga saja konsep ini hadir dengan harga yang murah meriah seperti laptop Microsoft untuk anak-anak sekolah.

Sumber: Engadget