Ilustrasi Fortnite Party Worlds

Dunia ini dibuat untuk bersenang-senang dan bukan untuk bertarung seperti yang dikenal dari game Fortnite.

Epic telah membuat berbagai akusisi menarik dan tampaknya mengarah pada fokus yang sama seperti Meta (dulunya bernama Facebook). Semakin jelas terlihat arah metaverse ketika developer game ini memperkenalkan Fortnire Party Worlds.

Party Worlds ini merupakan dunia atau lebih tepatnya disebut peta yang diperuntukkan sebagai wadah sosial untuk bertemu dengan teman dan memainkan berbagai permainan kecil (mini games). Berbeda dari Hubs, lingkungan ini tidak berhubungan dengan pulau-pulau lainnya namun menjadi tujuan akhir.

Pihak perusahaan bekerja sama dengan para pencipta fivewalnut dan TreyJTH untuk memperkenalkan contoh Party Worlds. Dunia yang satu ini memiliki wahana permainan dan tempat untuk berkumpul alias nongkrong. Namun Epic juga mendorong siapapun untuk ikut terlibat dengan membuat dan mengajukannya selama tujuannya adalah untuk sosialisasi damai.

Memang program baru ini tidak sama dengan metaverse ketika dunia-dunia pada Party Worlds hidup dalam dunianya sendiri dan tidak saling terhubung. Namun di sisi lain, hal ini menunjukkan kecenderungan arah Fortnite yang seolah bergeser dari fokus utamanya yaitu battle royale dan permainan tim. Dibanding bersaing dan bermusuhan, kini ada wadah yang justru memperluas dan mempererat hubungan sosial. Ada juga sejumlah program lainnya yang tidak berhubungan dengan pertarungan seperti museum virtual dan World Cup untuk berbagai kategori kompetisi.

Sumber: Epic Games