Contoh layar OLED Shelf dari LG Display

Mungkin tidak ada teknologi layar yang memberikan kesan futuristik selain layar transparan. Seperti layaran transparan ciptaan LG ini.

LG Display mengungkap konsep dan prototipe terbarunya di acara CES 2022. Perusahaan ini sama dengan LG Electronics yang berada di bawah grup LG. Prototipe dan konsep pada acara ini menggunakan layar OLED berukuran 55 inci dengan resolusi 1080p dengan transparansi 40 persen dengan menggunakan proses manufaktur generasi ke-8.

Mungkin yang paling menarika adalah OLED Sheld yang merupakan dua layar masing-masing berukuran 55 inci dengan susunan vertikal. Salah satu idenya adalah dengan menampilkan contoh karya seni di atas dan penjelasannya di bawah. Menariknya, ada lembaran gelap di belakang yang bisa menurun untuk membuat layar ini tidak transparan, seperti layar biasa. Bila pengguna mematikannya, lembaran belakang ini akan menggulung ke atas sehingga layar ini terlihat seperti kaca biasa.

Layar lainnya memang tampaknya lebih fokus untuk penggunaan komersial. Shopping Managing Showcase ini menunjukkan prototipe dengan produk di belakang layar. Layar ini kemudian menampilkan grafis dan efek visual yang menunjukkan informasi atau bahkan sekedar untuk memberikan penampilan menarik pada produk. LG Display mengatkaan bahwa layar yang satu ini tengah digunakan di toko fashion di Seoul dan bahkan juga Smithsonian di Washington, DC.

Selain itu, LG juga menampilkan sejumlah layar melengkung termasuk layar yang seolah membungkus sebuah sepeda statis dan konsep Media Chair melengkung.

Sementara ini memang hampir semuanya berupa prototipe dan konsep saja. Namun menurut LG, setidaknya OLED Shelf sudah siap untuk produksi.

Sumber: The Verge