Ilustrasi bulan Jupiter bernama Ganymede

Pesawat luar angkasa Juno menangkap suara salah satu bulan Jupiter ini. Suaranya tidak ada pada bulan-bulan lainnya di Tata Surya.

Mungkin banyak yang menganggap obyek luar angkasa seperti bulan akan sunyi seperti planet yang tidak memiliki penghuni. Namun dengan cara menangkap audio yang tepat, bulan tidaklah sesepi yang banyak orang perkirakan.

Scott Bolton dari NASA membuat rekaman audio dari aktivitas medan magnet dari bulan Jupiter bernama Ganymede. Dengan menggunakan pesawat luar angkasa Juno, maka mereka mendapatkan rekaman audio pada tanggal 7 Juni 2021 saat melintasi bulan itu.

Rekaman berdurasi 50 detik ini memiliki perubahan gelombang suara yang signifikan ketika melintasi beberapa area magnetosfer Ganymede. Tampaknya hal ini terjadi karena Juno melintasi area yang masuk waktu malam hari ke area yang lebih terang.

Sebenarnya magnetosfer Jupiter mendominasi bulannya dan terdengar jelas dalam rekaman. Namun yang membuat Ganymede unik adalah bulan itu menjadi satu-satunya bulan di Tata Surya yang memiliki medan magnet. Kemungkinan hal ini karena intinya yang terbuat dari besi cair (liquid iron).

Tentunya siapapun yang berada di area itu tidak akan bisa mendengar suara rekaman ini mengingat perlu alat khusus untuk mendengarnya. Namun hal ini menjadi pengingat bagi kita semua bahwa di dunia yang tampaknya telah “mati” ternyata masih memiliki aktivitas dengan menggunakan alat khusus.

Sumber: YouTube