Yusaku Maezawa

Yusaku Maezawa bersama asistennya akan menjadi turis pertama ke stasiun luar angkasa selama lebih dari satu dekade terakhir.

Sang miliarder sudah siap uji coba perjalanan masa depannya mengelilingi Bulan. Ia akan berkunjung selama 12 hari di Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station/ISS) bersama dengan asistennya, Yozo Hirano, yang akan mendokumentasikan perjalanan ini. Mungkin bisa sekalian menanam dan memanen cabai di ISS.

Keduanya akan terbang ke ISS dengan pesawat Soyuz MS-20 melalui badan antariksa Rusia bersama astronot Alexander Misurkin. Lepas landas dijadwalkan pada jam 2:38 pagi waktu setempat tanggal 8 Desember ini.

Maezawa telah berlatih selama 100 hari untuk persiapan perjalanan luar biasa ini. Kunjungannya di ISS ini merupakan pertanda bahwa stasiun luar angkasa tampaknya menjadi tempat yang lebih mudah terjangkau oleh publik di luar badan antariksa.

Walau akan menjadi turis pertama berkunjung ke ISS dalam waktu lebih dari satu dekade ini, sebenarnya sudah ada orang lain yang ke ISS di luar badan antariksa. Roscosmos sebelumnya membawa sutradara dan pemeran ke sana pada bulan Oktober lalu untuk merekam film khusus di luar angkasa untuk pertama kalinya. Memang tujuannya saja yang berbeda.

Sang miliarder pernah mengumumkan pada bulan Maret lalu bahwa ia tengah mencari delapan orang lainnya untuk ikut perjalanan panjangnya ke Bulan. Ia mendadak terkenal karena telah membeli semua tiket untuk perjalanan ini dan memberikan sebuah giveaway. Ia bersama dengan orang-orang ini nantinya akan menjadi turis SpaceX pertama. Maezawa merencanakan perjalanan ke Bulan ini pada tahun 2023 mendatang.

Sumber: The Guardian