Contoh ZamString dari C-Lab milik Samsung

Selain itu, ada kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang membantu mengembangkan kebiasaan penggunaan smartphone yang baik.

Samsung mengungkap sejumlah proyek menarik dari C-Lab miliknya pada acara CES 2022.

Yang paling menarik adalah ZamStar (aplikasi) dan ZamString (gitar) untuk mempermudah belajar dan kolaborasi. Idenya adalah penggunanya bisa bermain gitar, menambah efek suara, dan kemudian mensinkronisasikan dengan musisi lainnya di seluruh dunia. Gitar Zamstring tadi juga memiliki lampu-lampu kecil pada fretnya yang menyala sesuai dengan kunci lagu saat dimainkan.

Ada juga Pilot yang Samsung sebut sebagai “solusi AI yang membantu anak-anak mengembangkan kebiasaan penggunaan smartphone yang baik.” Tujuanya adalah mengajari anak-anak “keterampilan pengaturan diri” menggunakan perangkat pintar yang bisa membantu mereka mengambil pilihan yang baik.

Selain itu, ada Innovision yang merupakan “sistem perawatan mata sehari-hari dengan smartphone anak-anak untuk menangkap gejala mencurigakan strabismus dan memantau status pengembangan visual dari bayi.” Ide yang menarik karena bayi cenderung melihat ke arah smartphone.

C-Lab milik Samsung ini juga mendukung sembilan startup lainnya termasuk Petnow yang menjadi solusi pendeteksi biometrik berbasis AI untuk binatang peliharaan. Belum jelas bagaimana dengan usaha Samsung untuk copy paste otak manusia ke chip.

Sumber: Engadget