Jessica Rosenworcel resmi menjadi kepala FCC perempuan pertama dalam sejarah

Setelah menjalankan peran sebagai PLT di lembaga pengaturan komunikasi di Amerika Serikat nyaris setahun, akhirnya ia resmi dilantik.

Hampir semua orang tidak akan asing dengan logo yang satu ini walau mungkin tidak akan langsung tahu. Logo ini paling mudah ditemukan di berbagai perangkat elektronik.

Presiden Biden menominasikan Jessica Rosenworcel dan disetujui oleh Senat dengan total suara 68 dibanding 31. Ia telah menempatkan posisi ini sejak Januari ini dan segera berakhir dalam hitungan pekan saja.

Kini Rosenworcel menjabat resmi sebagai kepala FCC untuk lima tahun ke depan. Ia juga menjadi kepala FCC perempuan pertama dalam sejarah.

Tampaknya juga keputusan ini tidak mengagetkan banyak pihak karena idenya untuk membuat kebijakan yang lebih terbuka dan terjangkau untuk semua orang di mana saja. Ia sangat mendukung net neutrality serta berbagai kebijakan untuk mengatur dan mengawasi perusahaan teknologi besar.

Namun tampaknya ini bukanlah keputusan yang paling penting. Pihak Gedung Putih masih menunggu konfirmasi Gigi Sohn untuk mengisi kursi komisaris yang masih kosong. Bila diterima, FCC akan dipenuhi oleh mayoritas dari Partai Demokrat (perbandingan 3:2) yang tampaknya akan lebih membantu Biden mendukung prioritasnya untuk kebijakan telekomunikasi di negeri Paman Sam.

Sumber: FCC