Ilustrasi boneka emoji dalam kotak

Walau dengan gejolak dan semua perubahan selama pandemi ini, tampaknya emoji yang paling sering dipakai masih bernuansa positif.

Pandemi ini sangat signifikan mengubah hampir semua aspek kehidupan, terutama yang tadinya lebih fisik menjadi lebih digital. Hal yang paling dirasakan oleh mayoritas penduduk Bumi adalah lebih banyak pekerjaan yang dilakukan secara digital dan di luar kantor atau tempat kerja. Tentunya dengan banyaknya sosialisasi dan komunikasi yang lebih digital, simbol-simbol berupa emoji tidak terhindarkan untuk lebih menggambarkan emosi atau reaksi terhadap apapun yang tengah dibicarakan. Bahkan Twitter juga menguji beberapa emoji sebagai reaksi tambahan.

Pihak Unicode Consortium mengatakan bahwa 10 emoji yang paling sering digunakan tidak berubah sejak tahun 2019. Perlu dicatat bahwa group ini tidak mengungkap emoji yang digunakan pada tahun 2020 lalu. Kemungkinan juga daftar emoji ini tidak berubah sepanjang tahun itu.

Emoji Tears of Joy (😂) kembali menempati peringkat pertama di tahun 2021 ini. Emoji yang satu ini mencakup lima persen dari semua emoji yang pernah digunakan. Selain menduduki posisi pertama pada tahun 2019, emoji ini juga menjadi emoji yang paling sering dikicaukan di Twitter tahun lalu.

Unicode Consortium mengatakan bahwa emoji lainnya yang sangat dekat popularitasnya hanya Red Heart (❤️). Sedangkan sisanya adalah:

  • 🤣 – Rolling on the Floor Laughing
  • 👍 – Thumbs Up Sign
  • 😭 – Loudly Crying Face
  • 🙏 – Folded Hands (aka the prayer emoji)
  • 😘 – Face Blowing a Kiss
  • 🥰 – Smiling Face With Three Hearts
  • 😍 – Smiling Face with Heart-Shaped Eyes
  • 😊 – Smiling Face with Smiling Eyes

Bisa disimpulkan secara sederhana bahwa mayoritas dari kita tidak terlalu kreatif atau bervariasi dalam penggunaan emoji. Terlihat dari 100 emoji yang paling banyak dipakai mencakup 82 persen dari semua penggunaan emoji. Padahal ada lebih dari 3.600 jenis emoji yang bisa digunakan.

Mungkin juga 10 emoji hingga 100 emoji teratas memang sudah mampu menggambarkan perasaan dari semua pengguna emoji di dunia ini. Emoji dengan wajah tersenyum dan tangan secara umum sangat populer dan yang menempati urutan terbawah adalah kategori bendera, terutama bendera negara.

Pandemi ini sebenarnya memberikan dampak juga terhadap penggunaan emoji. Terlihat dari sejumlah emoji yang berkaitan dengan kesehatan seperti Hot Face (🥵) dan Woozy Face (🥴) yang masuk ke daftar 100 emoji paling sering digunakan. Bahkan emoji seperti Microbe (🦠) berhasil masuk ke daftar 500 emoji paling sering digunakan. Namun tampaknya sebagian besar orang lebih suka menggunakan emoji Poop (💩) untuk menggambarkan perasaan sakit, tidak enak, atau bahkan suasana hati yang tidak baik.

Sumber: Unicode Consortium