Ilustrasi kartrid tinta printer

Mungkin banyak yang ingat dengan meme printer Canon dengan tinta printer. Tampaknya pasokan chip global sampai mempengaruhi tinta printer.

Printer telah lama menggunakan chip untuk mencegah penggunaan tinta printer pihak ketiga. Pasalnya, model bisnis printer mengandalkan penjualan tinta sebagai pemasukan utama, melebihi penjualan unit printer itu sendiri.

Kini Canon harus mengirim kartrid toner tanpa chip pelindung karena keadaan pasokan chip dunia. Dengan kata lain, Canon terpaksa menjual tinta “palsu” kepada semua pelanggannya. Hal ini membuat sejumlah fungsi printer mereka tidak berfungsi optimal dan menganggapnya sebagai tinta palsu.

Canon bahkan terpaksa memberi tahu kepada pengguna printer cara untuk melewati peringatan tinta palsu dan menghentikan pendeteksi tingkat toner yang rusak.

Tentunya ini bukan berarti Canon sedang kekurangan tinta. Pasokan tinta diklaim masih sangat mencukupi sesuai permintaan sekarang ini. Selain itu, tampaknya pihak perusahaan belum berencana untuk mengganti sistem pendeteksi tinta palsu dengan menggunakan chip.

Sumber: The Register